Sitimang.id, Jambi – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Jambi menggelar sosialisasi Aplikasi Si Banjir, aplikasi laporan banjir dan genangan air sebagai upaya menanggani masalah banjir dan genangan air.
Sosialisasi ini digelar di aula kantor Dinas PUPR Kota Jambi, Selasa (14/11/2023). Sosialisasi yang dibuka Sekda Kota Jambi, Drs A Ridwan MSi ini, diikuti para camat, lurah dan perwakilan Ketua RT Tanah Pilih Pseko Betuah Kota Jambi.
Kepala Dinas PUPR Kota Jambi, Momon Sukmana Fitra melalui Kabid Sumber Daya Air, Berlianto Harahap mengungkapkan, Aplikasi Si Banjir merupakan program pelayanan publik.sejalan dengan fungsi instansinya.
“Aplikasi Si Banjir merupakan bentuk program layanan publik yang kami ciptakan agar masyarakat dapat melapor masalah banjir dan genangan. Layanan pengaduan ini dipastikan responsif, paling lama tiga hari akan ada tim yang turun menindaklanjuti pengaduan masyarakat,” kata Berlianto.
Upaya menindaklanjuti pengaduan masyarakat oleh tim yang diturunkan, kata Berlianto, tidak hanya mengatasi persoalan sesuai pengaduan masyarakat, tapi juga diupayakan bagaimana persoalan tersebut tidak terulang kembali.
“Kami menginginkan bahwa tiap pengaduan yang disampaikan berkaitan dengan persoalan banjir dan genangan air tidak kembali terulang kembali di masa mendatang dengan membuat program pencegahan,” ujarnya.
Meski demikian Berlianto meminta pengertian dari masyarakat, jika terdapat persoalan banjir dan genangan air tidak bisa diselesaikan secara cepat.
“Sebab pada banyak kasus di Kota Jambi, langkah pencegahan banjir melalui program baru bisa diwujudkan setelah adanya kesepakatan lintas lembaga baik itu sesama pemerintah daerah dan pusat. Sejalan dengan ini, saya telah meminta bantuan anggota DPR RI, H Bakri agar memfasilitasi penanganan banjir baik itu dengan Pemprov, Pemkab Muaro Jambi serta pihak balai,” ujarnya.
Sementara itu, sejumlah peserta sosialisasi mengapresiasi terciptanya program layanan publik Aplikasi Si Banjir oleh Dinas PUPR Kota Jambi, dibawah kepemimpinan Kadis Momon Sukmana Fitra.
Para peserta sosialisasi yang merupakan camat, lurah dan ketua RT, meyakini sejalan dengan terlaksananya program pengaduan masyarakat melalui aplikasi Si Banjir akan sangat membantu mengurangi beban kerja mereka.
Masalah banjir dan genangan air tiap memasuki musim penghujan merupakan masalah pelik yang dihadapi banyak lurah dan ketua RT di sejumlah wilayah di kota Jambi. Pada momen ini, mereka pasti menerima banyak menerima pengaduan, bahkan kritik dari masyarakat di wilayah kerja mereka masing-masing. (Rif)
Discussion about this post