Jambi, Sitimang.com – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN- KIS) merupakan program negara dan ditujukan semata-mata untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Suksesnya program ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik BPJS Kesehatan, pemerintah, masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan yang terkait.
BPJS Kesehatan senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan mengembangkan inovasi-inovasi guna memastikan peserta JKN-KIS dapat secara mudah, pasti dan cepat dalam mendapatkan informasi dan mendapatkan pelayanan kesehatan, di antaranya adalah
1. Aplikasi Mobile JKN memberikan informasi fasilitas kesehatan, melakukan pendaftaran online untuk mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun rujukan, informasi ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit, informasi jadwal operasi, jenis obat yang ditanggung, konsultasi kesehatan serta fitur-fitur lainnya yang bermanfaat bagi peserta JKN-KIS.
2. BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang dapat dihubungi oleh peserta setiap hari, 24 Jam (24/7).
3. Chika (Chat Assistant) JKN dan Vika yaitu kemudahan bagi peserta dalam mendapatkan layanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang dapat diakses langsung melalui Whatsapp (WA) dan Telegram pada nomor 08118750400 atau melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan.
4. Vika (Voice Interactive) JKN merupakan layanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status dan tagihan iuran yang difasilitasi pada saat peserta menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.
5. BPJS SATU! Atau BPJS Kesehatan Siap Membantu adalah Petugas Pemberi Informasi dan Pengaduan (PIPP) yang ada Rumah Sakit yang dapat memberikan layanan informasi dan pengaduan dimana saat bertugas dilengkapi dengan rompi khusus bertuliskan BPJS SATU!
Melalui panduan layanan ini, Anda diharapkan dapat memahami secara lebih mendalam dan komprehensif terkait hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS selain itu disampaikan juga materi pola hidup sehat oleh Brand Ambassador BPJS Kesehatan yang dimaksudkan untuk menjadi penggugah semangat peserta JKN-KIS untuk memulai pola hidup yang lebih sehat.
Berikut tautan panduang lengkap layanan JKN-KIS:
Discussion about this post